Alamat : Jl. Babatan No. 5 RT. 05 RW. 02 Ds. Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri - Jawa Timur HP/WA: 085746790756 Email : l4r45.studio@gmail.com

Thursday 15 September 2016

GANTI BACKLIGHT SPEEDOMETER HONDA VARIO

Assalamualaikumm gann,,,
semoga selangkah makin maju dan baik keadaan kita.... :-)
Speedometer honda vario old ? sudah tahu kan yang penampakannya seperti foto dibawah ini, ada beberapa type nyala backlight nya, ada yang biru dan ada yang orange seperti di bawah ini.....



Selanjutnya mau ganti warna backlight yang warna orenge itu biar jadi yang lain, yaitu dengan mengganti LED di dalamnya yang menjadi sumber cahaya.
Cara membuka speedometer sudah pernah baca kan? dapat dibaca lagi di post yang terdahulu dengan Judul Bongkar Speedometer HONDA VARIO.
Rata-rata speedometer Honda memakai LED SMD dengan type 3825, jadi kalau mau mengganti warna LED usahakan mengganti dengan type yang serupa dengan pertimbangan besar arus/beban tegangan sama/mendekati, agar tidak menimbulkan panas atau bahkan terbakar (gosong) pada komponen lain.
Setelah PCB terbuka maka akan tampak beberapa LED tempel (SMD), untuk mengetahui LED mana yang perlu diganti Speedometer dapat dicoba dinyalakan dengan adaptor/Accu tegangan 12 Volt. Hati-hati ya jangan sampai terbalik polaritas kabel positif dan negatif.

Diatas nampak ada 4 buah LED dengan nyala orange, itulah yang akan diganti dengan warna putih.
Cara menggantinya dengan memakai soder biasa dengan dipanasi kaki/pin LED secara bergantian, tentunya dengan hati-hati mempertimbangkan jangan sampai terlalu lama sehingga merusak PCB.
Cara memasang LED dengan memperhatikan kutub Anoda dan Katoda. Kutub Katoda ditandai dengan goresan siku di pojok LED, karena LED hanya dapat mengalirkan arus searah, kalau pemasangan terbalik akan tidak dapat menyala. LED dapat di test normal tidaknya menggunakan AVO meter dengan posisi saklar pada Ohm meter pada skala x1.
Setelah proses pemasangan selesai  dapat dicoba lagi memakai adaptor sebelum casing speedometer di rangkai kembali.
Bila sudah dipastikan semua berjalan normal tidak ada komponen yang panas, berasap, atau ada aroma gosong. Kalau ada aroma gosong..... ternyata tetangga sebelah lagi bakar daging qurban,,,, pas timing nya menulis artikel ini hari raya qurban. :-), speedometer dirangkai kembali dan dicoba lagi....
Kesalahan teknik penyambungan dan penggantian LED dapat menyebabkan speedometer menjadi BLANK.
Dan hasilnya lumayan seperti foto diatas..... next time akan dicoba LED dengan warna, Merah, Hijau, Biru.
Atau dapat memakai LED RGB (RedGreenBlue), yaitu satu buah LED yang dapat menghasilkan warna bermacam-macam maka akan di dapat variai warna yang lebih indah/unik.
Berikut Vidio di Youtube Channel L4R45 EKTRONIK agar lebih jelas GAN, step by step cara ganti lampu backlight Speedometer Honda Vario



Untuk menyalakan LED RGB yang menghasilkan warna campuran dan dapat berkedip harus menggunakan rangkaian tersendiri untuk control nyala LED.
Dan... itu dibahas pada posting selanjutnya, yaitu tentang modif backlight speedometer ala koso
Oke gan.... selamat mencoba...
Silahkan komentarnya gan...


Silahkan baca posting yang lain gan... yaitu :
- Modif Backlight Speedometer Honda New Vario ala Koso
- Memperbaiki Speedometer Honda Vario BLANK
- Memperbaiki Jarum Speedometer Digital Macet.
- Merakit Jam Digital


4 comments:

  1. Om jika backlight mati semua, dan didak ada arus supply kira2 apanya ya? Maaksih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Sama ga smd 3528 sm 2835..?
    Tanks kalo dijawab.

    ReplyDelete
  3. Sory 3825 sm 3528 apa bedanya...

    ReplyDelete
  4. kLo di ganti dengan SMD 5050 aman gak Om..?

    ReplyDelete