Alamat : Jl. Babatan No. 5 RT. 05 RW. 02 Ds. Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri - Jawa Timur HP/WA: 085746790756 Email : l4r45.studio@gmail.com

Friday 25 November 2016

Memperbaiki Speedometer Honda CBR150 Blank

Assalamualaikum wr wb. gan...
Semoga kabar agan selalu sehat n sehat ya.. tentunya sehat lahir dan bathinnya, juga sehat isi dompetnya gan.... :-)
Pada kesempatan kali ini L4R45 ELEKTRONIK akan share pengalaman ketika memperbaiki speedometer digital dari speeda motor Honda CBR150 dengan kerusakan BLANK, yaitu hanya menyala lampu backlightnya yang berwarna putih.
Artikel sebelumnya yaitu :
Memperbaiki Backlight Speedometer CBR250 yang gelap
Memperbaiki Speedometer Honda Vario BLANK

Jadi diharapkan agan sudah mahir /expert dalam hal elektronika jika ingin mencoba untuk melakukan sendiri untuk speedo agan atau punya teman yang rusak. agar kerusakan tidak semakin parah. semoga semakin bijaksana dalam belajar.
Inilah foto speedo ketika masih rusak gan....




tampak di speedo hanya nyala backlight putih tanpa muncul tulisan digitalnya sama sekali.
Kerusakan seperti ini bisa jadi disebabkan karena IC Microcontroller belum/tidak bekerja. IC ini tidak bekerja boleh jadi karena supplay tegangan belum masuk ke IC atau memang IC nya sendiri yang telah mengalami kerusakan disebabkan sesuatu hal.
Setelah melakukan analisa kemungkinan kerusakan speedo tersebut segera dipersiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan seperti obeng, Multitester, Soder, timah dll.
Berikut langkah-langkahnya gan :

Buka baut/sekerup pengikat penutup speedometer yang ada dibagian belakang speedometer menggunakan obeng +, jumlah sekerup ada 7 buah, hari-hati dalam membuka sekerup jangan lupa untuk melapisi meja kerja sengan kain lembut agar speedometer tidak tergores.


Setelah semua sekerup terbuka selanjutnya buka penutup belakang speedometer, maka akan nampak PCB dengan banyak komponen smd/tempel.



Tampak pada foto diatas, IC Microcontroller yang dilingkari warna hijau, IC EPPROM dalam lingkaran warna kuning dan IC Regulator dalam lingkaran merah. Setelah semua Chasing dilepaskan maka tampilan speedometer tampak seperti Foto disamping.



Selanjutnya adalah mengecek jalur tegangan yang masuk ke dalam speedometer mulai dari soket sampai dengan ke bagian-bagian speedometer, seperti tegangan 12V untuk menyalakan backlight, dan tegangan 5V untuk IC Microkontoller dan IC EPPROM.
Untuk test point tegangan pada PCB seperti pada foto dibawah ini gan.... menggunakan Multitester untuk mengukur tegangan. 

Untuk mengukur tegangan diambil dari adaptor tegangan 12V yang disambung pada soket dengan pin/kaki  tanda lingkaran kecil merah(+) untuk positip dan lingkaran kecil biru(-) untuk Ground/Negatip. Dilakukan dengan hati-hati kalau salah sambung pada pin lain atau terbalik mengakibatkan speedo mengalami kerusakan yang lebih parah atau terbakar....keluk...keluk...(baca : pusing)

Setelah melakukan pengukuran memang didapati tegangan 5V tidak masuk ke IC Microcontroller dan EPRROM, disebabkan ada jalur yang keropos karena terkena rembesan air sehingga arus 5V terhambat. Beruntung pada kasus ini rembesan air tidak merusakan bagian-bagian lain yang lebih parah.
Jalur yang keropos dibersihkan dengan tinner, sekalian semua permukaan PCB, agar bersih dari sisa rembesan air. Dalam membersihkan PCB dengan tinner secukupnya tidak boleh sampai menetes menggunakan kuas, dan jangan terkena part yang terbuat dari plastik.
Kemudian disambung lagi dengan soder+timah agar jalur tegangan berfungsi normal.
Inilah foto speedo setelah diperbaiki gan


Langkah selanjutnya adalah merangkai kembali chasing penutup atas dan bawah speedometer.
Untuk Video tutorialnya di Youtube Channel L4R45 ELEKTRONIK dibawah ini gan..


Demikian sharing pengalaman L4R45 ELEKTRONIK ketika memperbaiki speedometer sepeda motor Honda CBR 150. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu agan semua.

Untuk menambah wawasan silahkan membaca artikel lainnya, yaitu :
- Ganti Backlight Speedometer Vario New ala Koso
- Memperbaiki jarum speedometer digital yang macet

10 comments:

  1. gan saya mau tanya kejadian yang sama..
    saya coba di cek ke dealernya katanya harus di ganti itu akiban dlu pernah tabrakan,..
    2 bln kemudian langsung blank kaya gtu..
    ada cara lain gak gan slain d ganti..
    trimkasih

    ReplyDelete
  2. Gan sy mau tnyak ni..utk cbr150r.seblum ya tdk ada mslh.ttpi stelh sy buka tangki motor.copot kabel ditangki...slnjut ya sy pasang blik smua.spedo ya malah ngeblank.tu gimana ya gan.tpi sy dah cek semua.tdk ada masalh...mhon gan bantuan.ya dan saran .

    ReplyDelete
  3. Gan mau nanya spidometer motor cb150r saya ketika kunci kontak off tiba tiba tiba lampu spidometernya kayak nyala di acc Dan lampu kota nya nyala, tapi ketika swicth/tombol klakson/tombol staternya di pincet spidometer Dan lampu kotanya mati Dan ketika di lepas nyala lagi,mohon bantuannya gan, terimakasih

    ReplyDelete
  4. Mau tanya, kalo mau ganti IC microcontroler CBR 150 R facelift, pake IC apa ya? namanya IC apa kalo nyari ke toko?

    ReplyDelete
  5. it is a big helpful to repair speedometer of cbr150

    ReplyDelete
  6. Kalau mau Service lokasi nya dimana ya,

    ReplyDelete
  7. Saya pengen service spdmeter z250 di mana alamatnya di kediri....

    ReplyDelete
  8. Nomer tlp atw wa nya ada ga buat service spedo meter

    ReplyDelete
  9. Sebelah ic epprom ada kapasitor...punya saya itu yg terbakar...bisa d ganti dengan kasitor yg seri brp

    ReplyDelete